Thursday, August 28, 2014

Arah Gerakan Mahasiswa Indonesia

11:29 AM

Sumber foto: di sini.
Oleh: Muhammad Jabier*

Pengertian Arah Gerakan Mahasiswa Indonesia
Sebelum kita membahas masalah arah gerakan mahasiswa di indonesia kita terlebih dahulu harus paham apa itu arah gerakan dan siapa itu mahasiswa ?

Tentu banyak sekali definisi arah dari berbagai bidang ilmu, mulai dari sudut pandang ilmu fisika dan berbagai disiplin ilmu yang lainnya. Namun kita harus memberi batasan arti dari kata arah agar pemahasan kita tidak rancu. Arti kata arah pada topik kita kali ini ialah tujuan atau orientasi.

Sedangkan arti dari gerakan ialah sebuah kegiatan atau usaha manusia untuk menuju apa yang ingin manusia tuju seperti dari nasib buruk ke nasib baik dan nasib baik menuju nasib yang lebih baik.

Contoh: Budi adalah seorang anak petani yang miskin, namun Budi punya keinginan untuk menjadi orang sukses dan membantu orang tuanya dengan melakukan beberapa usaha seperti sekolah dan bekerja dengan keras. Maka tujuan budi bersekolah iyalah untuk menjadi orang yang sukses dan membantu orang tuanya adalah arah. Sedangkan sekolah dan kerja keras budi inilah yang di sebut dengan gerakan.

Mahasiswa terdiri dari dua suku kata, yakni maha (tinggi) dan siswa (orang yang sedang menimba ilmu), sehingga kita bisa menyimpulkan bahwa mahasiswa adalah seseorang yang sedang menimba ilmu pada sebuah universitas, institut ataupun sekolah tinggi.

Indonesia merupakan sebuah wilayah atau teritori yang ada di peta dunia dari Sabang sampai Merauke. Namun lagi-lagi kita harus memberikan batasan atas makna dari Indonesia sendiri agar tidak rancu. Maka kita bisa memaknai Indonesia sebagai sebuah wilayah yang memiliki sumber daya alam, sumber daya manusia dan sistem yang mengikat setiap penduduk yang tinggal di wilayah tersebut.

Dari pembahasan di atas kita bisa menyimpulkan arti kata dari “Arah Gerakan Mahasiswa”, iyalah tujuan atau orientasi dari segala bentuk usaha mahasiswa untuk menuju keadaan yang lebih baik sesuai dengan cita-cita dan harapan segenap rakyat Indonesia.

Arah Gerakan Mahasiswa Indonesia.

Arah gerakan mahasiswa di Indonesia selalu mengalami perubahan pada setiap zamannya, mulai dari Orde Lama, Orde Baru dan sampai pada Era Reformasi saat ini.

a. Orde Lama.
Gerakan mahasiswa Indonesia meiliki corak yang unik mulai dari Orde Lama (1945-1966) di bawah kepemimipinan presiden pertama Indonesia, Bapak Soekarno, yang merupakan awal gerakan mahasiswa yang ditandai dengan lahirnya berbagai organisasi kemahasiswaan seperti GMKI, GMNI, HMI, PMII dan lain-lain yang menunjukkan semangat mahasiswa untuk membangun bangsa Indonesia menuju bangsa yang lebih baik.

Pada Orde Lama corak gerakan mahasiswa lebih menonjol pada keintelektualan, rekonstruksi nilai dan mencari jati diri mahasiswa, siapa mahasiswa dan bagaimana seharusnya mahasiswa bersikap dan bergerak.

b. Orde Baru
Pada Orde Baru (1966-1998), yakni pada saat presiden kedua Indonesia, Bapak Soeharto, memimpin Indonesia, gerakan mahasiswa di Indonesia lebih massif dan bertujuan untuk merekonstruksi sistem pemerintahan yang bobrok dengan pekik revolusi. Pada akhirnya gerakan tersebut mencapai puncaknya pada saat soeharto berhasil di turunkan pada Mei 1998 tanpa meninggalkan nilai-nilai kemahasiswaan yang telah diramu pada saat orde lama.

c. Era Reformasi
Gerakan mahasiswa pada Era Reformasi (1999-Sekarang) yang masih diselimuti dengan ketidakadilan dan merajalelanya korupsi yang merupakan common enemy mahasiswa. Pada era ini mahasiswa mulai lupa dengan nilai-nilai yang dibangun mahasiswa pada saat Orde Lama dan Orde Baru. Mahasiswa pada saat ini cenderung pragmatis dan hedonis sehingga organisasi ekstra kampus di berbagai kampus mulai sepi peminatnya, apa lagi di kampus Al-Qolam yang pada saat ini sudah ada PMII dan GMNI, namun sepi peminat. Lalu timbul pertanyaan dalam benak kita, mungkinkah keadaan masih akan terus berlanjut?

Dari semua corak gerakan mahasiwa Indonesia itu kita bisa menyimpulkan bahwa corak gerakan mahasiswa dari Orde Lama sampai Orde Baru ialah semangat untuk menuju Indonesia makmur dan adil tanpa korupsi. Namun ada perubahan corak gerakan mahasiswa pada Era Reformasi yang cenderung pragmatis dan hedonis.[]
 
Muhammad Jabier
Ketua PMII Komisariat STAI Al-Qolam  

Diterbitkan oleh

Buletin Amanaha Online. Pondok Pesantren Raudlatul Ulum I. Ganjaran Gondanglegi Malang Jawa Timur. Menulis.

0 komentar:

Post a Comment

 

© 2016 Amanah Online. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top